Translate

XML Blogger Code

Bahasa XML di Blogger
XML Code

Getcond Blogger, Siapa yang tidak mengenal bahasa xml, xml merupakan bahasa yang perlu dipahami dan berfungsi untuk mengirim data yang kita buat. xml singkatan dari eXtensible Markup Language.

Dalam konteks xml blogger, xml penting untuk dipelajari. Mengapa? Karena bahasa xml ini menjadi bahasa utama dalam pembuatan desain blogger. Bahasa xml blogger mempunyai awalan b:(diakhiri kode)


Contoh Bahasa Kode XML diawal tema Blogger Yang Digunakan

Bahasa kode xml blogger yang digunakan tidak jauh berbeda dengan bahasa xml pada umumnya atau standarnya. Yang membedakan adalah berawalan b:(diakhiri kode). dan harus ditutup dengan <kode lainnya '/> Misal:

HTML
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html b:css='false' b:defaultwidgetversion='2' b:layoutsVersion='3' b:responsive='true' b:templateVersion='1.0.0' expr:class='data:blog.languageDirection' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>


Contoh penggunaan xml blogger

Penutup elemen HTML untuk selanjutnya? Dalam HTML, pilihan untuk ditutup atau tidak ditutup dengan patch / Diijinkan:

<meta charset="utf-8">
Juga diijinkan:
<meta charset="utf-8" />

Jika mengimplementasikan xml/xhtml perangkat lunak untuk akses ke halaman, tetap menggunakan slash (/), karena ini syarat dalam xml dan xhtml.


XML Judul Blog

HTML
<!-- untuk menampilkan judul -->	
<data:view.title.escaped/>

Ini adalah contoh dari penggunaan tag data untuk menampilkan judul halaman (title) yang telah di-escaped. Dalam XML, tag seperti <data:view.title.escaped/> digunakan untuk menyusun struktur data dan mengatur tampilan konten dalam halaman web, sedangkan dalam kode HTML, tag biasanya digunakan untuk menentukan struktur dan konten halaman web.


<b:skin>

HTML
<b:if cond='!data:view:isLayoutMode'>	
<b:skin version='1.0.0'><![CDATA[	
* {
margin:0;
padding:0;
box-sizing:border-box;
}

html {
overflow-x:hidden;
-webkit-text-size-adjust:100%;
-ms-text-size-adjust:100%;
}
<!-- Kode CSS lainnya -->
]]>
</b:if>

  • <b:if cond='!data:view:isLayoutMode'>: Ini adalah contoh dari tag <b:if> yang digunakan untuk mengevaluasi kondisi tertentu. Dalam kasus ini, kondisi yang dievaluasi adalah !data:view:isLayoutMode, yang berarti bahwa bagian yang berada di dalam tag <b:if> akan dieksekusi jika data:view:isLayoutMode tidak bernilai true. Dengan kata lain, kode di dalam <b:if> akan dieksekusi jika blog tidak sedang dalam mode layout.
  • Tag <b:skin version='1.0.0'>: Ini adalah contoh dari tag XML yang digunakan untuk menentukan skin atau gaya template dari blog Anda di Blogger. Tag ini memiliki atribut version yang menunjukkan versi dari skin yang digunakan. Dalam contoh ini, versi skin adalah '1.0.0'. Atribut version ini dapat berbeda-beda tergantung pada template yang digunakan.
  • Isi dari <b:skin>: Di dalam tag L<b:skin>, biasanya terdapat CSS (Cascading Style Sheets) yang mengatur tampilan visual dari blog Anda. Anda dapat menentukan berbagai properti CSS seperti warna latar belakang, ukuran teks, jenis huruf, jarak antar elemen, dan banyak lagi. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan penampilan blog Anda sesuai dengan preferensi atau merek Anda.

<b:template-skin>

HTML
<b:template-skin><![CDATA[
    /* CSS code for layout styling */
    .header {
      background-color: #333;
      color: #fff;
      padding: 20px;
    }
    .sidebar {
      float: left;
      width: 25%;
      padding: 20px;
    }
    .content {
      float: right;
      width: 75%;
      padding: 20px;
    }
    .footer {
      clear: both;
      background-color: #333;
      color: #fff;
      padding: 20px;
    }
    /* More CSS rules for layout */
  ]]>
</b:template-skin>

  • Definisi Tag: Tag <b:template-skin> biasanya digunakan di dalam template Blogger untuk mendefinisikan gaya atau style yang diterapkan pada tata letak blog secara keseluruhan.
  • Pengaturan Tata Letak: Dalam tag <b:template-skin>, Anda dapat menentukan properti-properti CSS dan elemen-elemen HTML yang ingin Anda gunakan untuk mendefinisikan tampilan layout blog Anda. Ini mencakup aspek-aspek seperti ukuran, posisi, warna, dan tata letak elemen-elemen seperti header, sidebar, footer, dan lainnya.
  • Penggunaan dalam Praktik: Contoh umum penggunaan <b:template-skin> adalah untuk menentukan tata letak umum dari berbagai bagian blog, seperti header, sidebar, dan footer. Anda dapat menentukan ukuran, posisi, dan gaya dari elemen-elemen ini menggunakan CSS di dalam tag <b:template-skin>.
  • Pengaturan Responsif: Anda juga dapat menggunakan tag <b:template-skin> untuk membuat tata letak blog responsif, yang berarti tata letak akan menyesuaikan diri dengan berbagai perangkat dan ukuran layar. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan media queries di dalam CSS untuk menyesuaikan tampilan berdasarkan lebar layar atau jenis perangkat yang digunakan.

<b:section>

HTML
<!-- Blog Main -->
<div id='main-wrapper'>
   <b:section class='main' id='main' maxwidgets='1' name='Main Posts' showaddelement='yes'>
     <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog' version='2' visible='true'>
</bwidget>
</b:section>
</div>

Tag <b:section> digunakan dalam XML tema Blogger untuk mengelompokkan widget atau elemen lainnya ke dalam bagian-bagian yang terorganisir.

Berikut adalah beberapa properti yang bisa Anda tentukan dalam tag <b:section>:

  • class: Menentukan kelas CSS untuk bagian tersebut.
  • id: Menentukan ID unik untuk bagian tersebut. Ini bisa berguna untuk merujuk ke bagian tersebut dalam CSS atau JavaScript.
  • maxwidgets: Menentukan jumlah maksimum widget yang diizinkan dalam bagian tersebut. Misalnya, jika Anda ingin membatasi jumlah widget di sidebar Anda, Anda dapat menggunakan properti ini.
  • name: Menentukan nama untuk bagian tersebut. Ini bisa digunakan sebagai label atau referensi saat mengelola tata letak blog Anda.
  • showaddelement: Menentukan apakah elemen tambahan (seperti tombol tambah widget) ditampilkan di bagian tersebut.

<b:includable id='post' var='post'>

HTML
<b:includable id='post' var='post'>
  <div class='post'>
    <b:include data='post' name='postMeta'/>
    <b:include data='post' name='postTitle'/>
    <b:include name='headerByline'/>
    <b:if cond='data:view.isSingleItem'>
      <b:include data='post' name='postBody'/>
    <b:else/>
      <b:include data='post' name='postBodySnippet'/>
      <b:include data='post' name='postJumpLink'/>
    </b:if>
    <b:include data='post' name='postFooter'/>
  </div>
</b:includable>

Tag <b:includable> dalam XML tema Blogger digunakan untuk mendefinisikan blok kode yang dapat diinclude atau dimasukkan ke dalam template Blogger Anda dari lokasi lain dalam tema Anda. Ini memungkinkan Anda untuk membagi kode menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.



Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami cara menggunakan kode xml blogger dan operator logika pada Blogger dalam pembuatan tema atau hanya sekedar edit.

Terima Kasih, semoga bermanfaat..

Posting Komentar

0 Komentar


Followers